Mengenal Perbedaan Linear, Relative, dan Constraint Layout


  1. Linear Layout adalah layout yang terstruktur. linear layout akan meletakkan elemen yang ada di dalamnya secara berurutan tergantung orientationnya. jika  orientationnya vertical, maka peletakan elemen akan terurut kebawah. Sedangkan jika orientationnya horizontal (secara default, orientation horizontal tidak ditulis di dalam XML), maka peletakan elemennya akan terurut ke samping. 

  2. Relative Layout


  3. Relative Layout adalah layout yang penataan nya ini adalah penataan yang menempatkan widget-widget didalamnya seperti layer, sehingga sebuah widget dapat berada di atas/di bawah widget lainnya atau dengan kata lain Relative merupakan layout yang penataannya lebih bebas (Relative) sehingga bisa di tata di mana saja.








  4. Constraint layout 


  5. ConstraintLayout adalah kelas baru yang kuat, tujuan dari ConstraintLayout adalah untuk membantu mengurangi jumlah tampilan berlapis, yang akan meningkatkan kinerja file tata letak kita. Kelas tata letak juga memudahkan kita untuk menentukan tata letak daripada saat menggunakan RelativeLayout karena kita sekarang dapat menjangkar sisi mana pun dari tampilan dengan sisi lain mana pun, daripada harus menempatkan seluruh tampilan ke sisi lain.
    ConstraintLayout juga ada yang horizontal dan vertical

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hello Toast

Scrolling Text