Hello Toast

  1. Membuat proyek "Hello Toast"
    • Mulailah Android Studio dan buat proyek baru dengan parameter berikut:
    • Atribut Nilai
      Application Name Hello Toast
      Company Name com.example.android or your own domain
      Phone and Tablet Minimum SDK API15: Android 4.0.3 IceCreamSandwich
      Template Empty Activity
      Generate Layout file box Dicentang
      Backwards Compatibility box Dicentang
  2. Silahkan klik tab file activity_main.xml pada workspace anda (res/Layout/activity_main.xml), dan silakan ikuti baris-baris berikut:

  3. Akan muncul warning pada attribut android:text pada layout tersebut. Ini disebabkan karena kita hardcode code string kita. Mari kita hilangkan code warning tersebut dengan menekan alt+enter pada attribut android:text. Akan muncul dialog seperti ini, pilihlah extract string resource.
  4. Kemudian akan muncul dialog seperti dibawah ini, sesuaikan dengan nama yang ada.
  5. Fungsi extract string resource akan secara otomatis menambahkan values dalam android:text ke dalam file res → values → strings.xml. Tambahkan juga pada view lainnya hingga tidak ada warning lagi. Jika kita buka files strings.xml akan seperti ini.

  6. Jika file dimens.xml sudah terbuat, sesuaikan isi dari dimens.xml menjadi seperti berikut.
  7. Menambahkan Kode Logika Sederhana pada MainActivity:
  8. Jika terdapat baris merah seperti ini :
    Jangan khawatir, silakan klik keatas baris merah tersebut dan silakan klik pada icon atau dengan tekan tombol (Alt + Enter) lalu pilih implements method Setelah sudah selesai silakan jalankan aplikasi dengan mengklik atau Run → Run ‘app’ dari menu bar. Kemudian ada pilihan seperti ini.

    Setelah sudah selesai silakan jalankan aplikasi dengan mengklik atau Run → Run ‘app’ dari menu bar. Kemudian ada pilihan seperti ini.

    Saya merekomendasikan anda menggunakan device Android sewaktu develop aplikasi di Android. Selain karena akan menghemat penggunaan memori dari device yang anda gunakan, juga akan memberikan pengalaman yang berbeda dengan menjalankan aplikasi di device anda sendiri. Pilih OK untuk menjalankan dan tunggu hingga proses building dan instalasi apk aplikasi anda berjalan. Jika sudah, seharusnya hasilnya akan seperti ini.
Untuk lebih jelas lihat Vidio dibawah ini:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Perbedaan Linear, Relative, dan Constraint Layout

Scrolling Text